Konferensi Dayak Internasional Digelar Bulan Depan

agen poker online, poker online terbaik, bandar poker online, poker online terpercaya

Konferensi Dayak Internasional Digelar Bulan Depan

Konferensi Dayak Internasional Digelar Bulan Depan

Kongres Dayak Internasional I akan menjadi peta jalan sekaligus konsep dalam meningkatkan peran masyarakat Dayak dalam berbagai aspek pembangunan di Indonesia.

Poker Online Terbaik –┬áSalah satu agenda kongres adalah melacak dan menegaskan sejarah Dayak.

“Kita harus bisa mendefinisikan siapa yang bisa dikatakan sebagai suku Dayak dan kita harus bisa melihat bagaimana sejarah Dayak bermigrasi,” kata Sekretaris Kongres Dayak Internasional I, Gusti Hardiansyah, di Pontianak, Senin (5/6/2017), dilansir Antara.

Dia mengatakan pihaknya ingin membuat konsep bagaimana peran masyarakat Dayak dalam pembangunan Indonesia, menjaga kelestarian lingkungan, kemudian peran masyarakat Dayak dalam aspek sosial, budaya, politik dan ekonomi di Indonesia bahkan di dunia.

“Karena masyarakat Dayak tidak hanya ada di Indonesia,” katanya.

Dekan Fakultas Kehutanan Untan Pontianak itu memaparkan, jika dilihat dari asal usul, suku Dayak berasal dari Yunan Selatan yang merupakan hasil perkawinan dari Ras Mongoloid dan Eropa Timur.

Karena adanya gelombang migrasi pertama yang dikenal sebagai Proto Melayu, sebagian besar masyarakat saat itu bermigrasi ke arah Filipina, Taiwan, Madagaskar, sampai ke Kalimantan.

Kemudian ada juga migrasi kedua yang dikenal dengan Deutro Melayu, masih dari Yunan. Masyarakat bermigrasi masuk ke Indonesia, termasuk ke Aceh, Riau dan beberapa daerah lainnya di mana saat itu sudah terjadi akulturasi agama.

“Jadi, kita ini sebenarnya berasal dari satu ras yang sama, hanya saja karena lokasi yang berbeda, maka tercipta lah suku-suku yang berbeda juga, termasuk suku Dayak ini,” katanya.
Poker Online Terbaik

Konferensi Dayak Internasional Digelar Bulan Depan

Dia melanjutkan, yang harus diperhatikan, sejak pertama menetap di satu daerah, sampai saat ini, suku Dayak selalu mempertahankan tiga pilar yang menjadi pedoman hidup mereka.

Pilar yang pertama itu hutan, di mana masyarakat Dayak sangat mencintai hutan yang dianggap sebagai nyawa kehidupan. Kemudian, pilar kedua, masyarakat Dayak mencintai air yang dinilai sebagai darah mereka, dan pilar ketiga yaitu Rumah Betang yang menjadi peradaban suku Dayak selama ini.

Di dalam rumah betang tersebut tercipta hubungan sosial yang sangat baik, karena meskipun di dalamnya terdapat beberapa keluarga yang menganut agama berbeda, namun saling hormat-menghormati.

Namun, lanjutnya, lagi, selama ini masyarakat Dayak masih dianggap sebagai kaum yang marginal, di mana masih ada yang menyatakan bahwa Dayak adalah suku primitif dan terbelakang.

“Tapi yang harus dipahami, berdasarkan kenyataan yang ada, sudah banyak masyarakat Dayak yang hijrah menuju peradaban baru,” tuturnya.

Aspek yang dibangun nantinya tidak hanya mengacu pada sosial budaya, namun bagaimana memaksimalkan aspek ekonomi dan politik serta hukum yang menjadi bagian dari masyarakat.

“Dalam kegiatan itu juga, nantinya akan diundang suku Dayak yang ada di seluruh dunia, di mana panitia sudah memiliki beberapa kontak dengan suku Dayak yang ada di Taiwan, Malaysia, Madagaskar, dan sumber-sumber lainnya,” kata Gusti.
Poker Online Terbaik

Agen Poker Terpercaya | Poker Online Uang Asli | Judi Poker Online
You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *